ini dia tips agar sim card tidak di hack orang !

Cara Mencegah Agar SIM Card Tidak di-Hack atau Dikloning oleh Hacker

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah supaya kartu SIM kamu tidak di-hack. Bagaimana caranya?


Mengganti Kartu SIM dengan yang 4G LTE

Pengamat dari dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, lebih dari 50 persen kartu SIM yang beredar di Indonesia rentan dikloning. Data ini diambil hingga Juli 2018.

SIM Card yang rentan dikloning adalah kartu SIM tipe lama versi Comp128v1. Cara untuk mengetahuinya adalah kamu bisa lihat tanggal produksinya.

Jika tanggal produksinya sebelum Juni 2002, itu artinya SIM Card kamu adalah SIM lama dan bisa dikloning.

Khusus untuk kartu SIM tipe baru yang diproduksi setelah Juni 2002, tipe itu telah dibekali sistem perlindungan yang lebih baik. Kartu tersebut termasuk yang sudah bisa mengakses layanan koneksi 4G LTE sehingga sulit untuk dikloning.
Jangan Mengangkat Telepon dengan Nomor dari Luar Negeri
sim card dihack (2)

Sebagai salah satu contoh salah satu operator seluler di India, BSNL. BSNL menyarankan pelanggannya untuk tidak mengangkat panggilan dari nomor yang berasal dari luar negeri.

Jika kamu menerima panggilan tidak terjawab dari nomor luar negeri, jangan mengangkat, dan jangan menelpon balik.

Kode negara indonesia itu pasti +62. Kalau tiba-tiba banyak nomor asing yang tidak kamu kenal dan memiliki kode negara +62, lebih baik jangan diangkat.


Pasang PIN di SIM Card Kamu

Cara mencegah agar SIM Card kamu tidak di-hack yang terakhir adalah dengan menyetel PIN untuk SIM Card kamu.

Jadi, siapapun yang ingin menggunakan nomor kamu harus memasukkan PIN. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahkan jika kamu memasang PIN di SIM Card kamu, PIN kamu juga bisa dicuri.

Meskipun begitu, memasang PIN bisa membuat hacker cukup repot untuk nge-hack SIM Card kamu dibanding tidak dipasang sama sekali.
Gunakan Aplikasi Two-Factor Authentication Codes

Aplikasi seperti Google Authenticator dan Authy bisa memberikan perlindungan keamanan ekstra seperti yang biasa dilakukan SMS-based-two-factor.

Dengan mengaktifkan Two-Factor Authentication Codes lapisan keamanan kamu akan menjadi berlapis karena akan ada dua bentuk identifikasi atau “password” sebelum kamu atau orang lain dapat mengakses informasi pribadi.


Jangan Hubungan Nomor HP ke Akun Media Sosial

Hacker yang memiliki nomor HP kamu yang terhubung dengan beberapa akun online milikmu bisa mengisi two-factor requirements (memasukkan nomor HP) dengan nomor tersebut.

Sebaiknya kamu punya nomor rahasia yang bisa kamu gunakan jika harus mengisi two-factor requirements.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *