Tips untuk Kamu yang Mau Coba Menyelam

Luasnya hamparan dan keindahan laut menjadi salah satu alasan kuat untuk kamu belajar menyelam. Keindahan dan keanekaragamaman biota dalam laut juga menjadi hal yang membuat banyak wisatawan dalam dan luar negeri memilih menyelam sebagai kegiatan wajib saat sedang berlibur ke Indonesia.

Sebelum mulai menyelam, alangkah baiknya jika kamu pahami terlebih dahulu kiat saja yang perlu kamu ketahui. Jika kamu sudah mulai menguasai teknik dasar menyelam, kamu bisa pesan tiket pesawat murah ke Lombok untuk menikmati salah satu pemandangan bawah laut paling indah di Indonesia. Namun sebelumnya, kamu bisa pelajari beberapa tips yang wajib diperhatikan para pemula ini.

1. Ambil Latihan Khusus Menyelam

Satu hal yang paling penting sebelum kamu mulai menyelam adalah memiliki kemampuan untuk terjun ke lautan dengan berbagai peralatan yang cukup beragam dan memiliki fungsi berbeda-beda pula. Selain itu, kamu juga diharuskan memiliki izin atau sertifikat scuba diving sebelum terjun langsung ke spot diving. Jadi, pastikan kamu menggunakan jasa pelatihan dan instruktur menyelam yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

2. Ketahui Fungsi Alat-alat Selam

Jika ada yang bilang menyelam termasuk salah satu hobi yang memiliki banyak ‘printilan’ dan aksesoris, jawabannya memang benar. Tetapi sebagai seorang pemula, kamu hanya cukup perlu tahu bahwa terdapat beberapa peralatan krusial yang wajib dibawa menyelam.

Peralatan selam tentu menjadi modal utama kamu untuk menjelajahi keindahan laut Indonesia, oleh karena itu sebaiknya kamu memahami dan menguasai cara penggunaan alat-alat yang digunakan saat menyelam, seperti masker, kacamata, kaki katak, regulator, wetsuit, Bouyancy Compensation Device (BCD), dan gauge indicator.

3. Usahakan Jangan Terpisah dari Pemandu

Sebagai pemula, sebaiknya kamu jangan sampai terpisah jauh oleh rombongan atau pemandu karena akan sangat riskan. Jika kamu mengalami masalah saat berada jauh dari pemandu, sebaiknya tenang. Kamu yang belum terlalu menguasai cara penggunaan alat-alat selam sebaiknya kamu selalu berada di dekat pemandu atau rombongan.

4. Jangan Panik!

Wajar rasanya jika seorang pemula panik saat berada di dalam air, namun usahakan untuk selalu tenang. Lalu coba seimbangkan tubuh kamu dengan mengangkat kaki dari dasar dan posisikan tubuh telungkup menghadap ke bawah, buka kaki dan tangan sedikit lebar dan cobalah untuk menyeimbangkan dan mengapung di atas air.

Bernapaslah melalui mulut, lalu ayunkan kaki seperti gerakan renang gaya bebas. Selain itu, jangan terlalu banyak bergerak serta berada jangan terlalu dekat dengan biota laut, karena alat selam yang kamu pakai bisa menyentuh terumbu karang dan menyebabkan kerusakan.

5. Pahami Isyarat Tangan

Saat sedang menyelam, tentu kamu tidak akan bisa untuk berkomunikasi menggunakan suara. Oleh karena itu, kamu juga harus menguasai isyarat tangan yang digunakan para penyelam lain. Contohnya seperti tangan mengepal, jempol ke atas, jempol ke bawah, dan gerakan memotong leher. Sebaiknya kamu kuasai isyarat tangan dasar untuk keamanan saat berada di dalam laut.

Selain tips-tips di atas, kamu juga harus menjaga kelestarian alam bawah laut. Jangan sampai kamu merusak terumbu karang ataupun biota laut lainnya. Jangan membuang sampah sembarangan, dan yang terpenting jangan mengambil apa pun dari bawah laut. Nah, setelah membaca beberapa tips di atas kamu tidak perlu lagi takut atau ragu untuk mulai menikmati keindahan dan kekayaan taman laut Indonesia. Jadi kapan kamu mau coba menyelam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *