Bila Kaki Kesusupan Dibiarkan Apa Saja Dampak Bahaya Nya

Bertelanjang kaki di tempat terbuka seperti taman memang terasa menyenangkan, namun tak lagi terasa seperti itu setelah sesuatu yang tajam menusuk kulit. Kondisi ini kerap kita kenal dengan ‘kesusuban’ atau kesusupan dan tak jarang sangat kecil dan masuk terlalu dalam ke kulit hingga sulit kita keluarkan.

Beberapa orang mungkin akan menyerah dan membiarkannya saja. Akan tetapi menurut Ashley Jones, seorang perawat di Ohio State University Wexner Medical Center, membiarkan kesusupan begitu saja bisa memberi akses tubuh pada infeksi.

Dikutip dari Live Science, Jones menyebut kulit sebagai tameng fisik untuk mencegah infeksi. Sehingga saat kita mengalami kesusupan justru merusak kulit, maka bakteri di luar kulit bisa masuk ke dalamnya.

Bisa jadi bakteri tersebut juga sudah berada di dalam benda yang membuat kesusupan, yang memudahkannya untuk masuk ke dalam aliran darah. Misalnya seperti infeksi yang disebabkan bakteri tetanus (clostridium tetani), yang jika masuk ke dalam tubuh orang yang belum tervaksinasi bisa melepaskan racun yang merusak sistem saraf.

“Pada umumnya aku akan merekomendasikan untuk tidak membiarkannya begitu saja. Setidaknya jika tidak bisa diambil menggunakan jarum atau pinset, aku akan merekomendasikan untuk mencari bantuan medis,” kata Jones.

Ditambahkan oleh Dr Jefry Biehler, kepala pediatri di Nicklaus Children’s Hospital Miami, tubuh akan merespons dengan mencoba mengeluarkan benda asing tersebut. Bisa jadi menimbulkan reaksi peradangan, bengkak dan memerah di area tersebut atau kantung bernanah yang terbentuk untuk mengeluarkannya.

Kesusupan juga bisa terjadi di tangan, misalnya duri atau serpihan kayu, dan bisa berada di situ selamanya. Kedua pakar menegaskan benda asing apapun yang masuk ke dalam kulit, terutama pada anak-anak dan lansia yang lebih rentan pada infeksi, untuk segera ditangani oleh profesional kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *